Sampaikan Materi secara Menyenangkan

Maret 12, 2007 at 4:23 am (Bimeks Group)

Kota Bima.-
GURU tidak hanya dituntut menguasai materi pelajaran, tapi bagaimana menyampaikannya dengan cara menyenangkan. Guru harus dapat menghindarkan diri dari menghukum siswa secara fisik.
Hal itu diingatkan Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata (Dikbudpar) Kota Bima, Drs H Imran, saat pelatihan motivasi bagi guru SD di MIN Tolobali, Minggu kemarin.
 Ketua PGRI Kota Bima ini juga merespons positif kegiatan itu karena bisa menambah wawasan guru. Ditekankannya, guru juga harus memiliki kreatifitas dalam mengajar. Saat ini, metode mengajar yang harus dikuasai oleh guru adalah pengajaran aktif, kreatif dan menyenangkan (PAKEM).
“Mengajar menggunakan pendekatan psikologis sangat membentuk guru dalam mengatasi persoalan mengajar” ujar mantan pengawas ini.
Ia mengharapkan guru dapat memperkaya wawasannya dengan banyak mengikuti pelatihan. Dengan demikian, guru akan memiliki kompetensi yang profesional. Apalagi, saat ini, Undang-Undang (UU) Guru dan Dosen menuntut peningkatan profesianalisme. 
UU itu juga akan memberikan jaminan kesejahteraan bagi guru. Namun, untuk mendapatkannya, guru harus mengikuti ujian kompetensi agar mendapat sertifikat mengajar. (BE.08)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: